Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/5568
Title: Perbedaan Kecerdasan Interpersonal pada Siswa yang Mengikuti Percepatan Belajar (Akselerasi) dan Siswa Kelas Reguler di SMA Sutomo I Medan
Authors: Sari, Bellinda
Keywords: kecerdasan interpersonal;akselerasi;reguler
Issue Date: 9-Feb-2007
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Pembukaan kelas akselerasi bagi siswa dengan kategori sangat pandai, menjadi satu daya tarik penerimaan siswa baru. Mekanisme penyaringan siswa yang masuk akselerasi, setelah diterima di sekolah yang telah dipercaya untuk dapat menyelenggarakan kelas akselerasi ini adalah mereka yang nilai rata-rata di atas delapan. Selain itu, ada tes IQ yang diberikan oleh Psikologi dan IQ minimal 125. Dalam kelas akselerasi, siswa akan menempuh pendidikan di sekolah kurang setahun dari kelas reguler. Menurut beberapa tokoh, program akselerasi dapat menimbulkan peluang bagi sebagian siswa akselerasi akan berperilaku mementingkan diri sendiri, angkuh dan cenderung tidak mau mendengar pendapat orang lain. Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan kecerdasan interpersonal pada siswa yang mengikuti program percepatan belajar (akselerasi) dan siswa kelas reguler. Sampel penelitian ini adalah siswa akselerasi dan reguler SMA Sutomo I Medan, kelas XI (sebelas). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test. Dari hasil yang disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal antara siswa yang mengikuti program pendidikan akselerasi dengan siswa yang mengikuti program pendidikan reguler. Hasil ini dibuktikan dari penelitian ini yang menggunakan analisis t-test yang hasilnya x:-2,608 dengan p < 0,050, yang artinya nilai kecerdasan interpersonal kelas akselerasi lebih rendah dibanding nilai kecerdasan interpersonal kelas reguler
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/5568
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
028600088_File1.pdfCover311.67 kBAdobe PDFView/Open
028600088_File2.pdfAbstract149.74 kBAdobe PDFView/Open
028600088_File3.pdfIntroduction569.78 kBAdobe PDFView/Open
028600088_File4.pdfChapter I250.4 kBAdobe PDFView/Open
028600088_File8.pdfReference828.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.