Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/6948
Title: Kebijakan Pemasaran yang Diterapkan Pada Perum Pegadaian Kantor Cabang Kampung Lalang Medan
Authors: Harahap, Ali Wardana
metadata.dc.contributor.advisor: Rafiah, Hasibuan
Keywords: pemasaran
Issue Date: 21-Nov-2006
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Perum Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada dibawah naungan Departemen Keuangan. Pegadaian pertama kali dilakukan di Italia dan berkembang dibawah wilayah eropa lainnya seperti Belanda. Pada abad XVIII VOC datang ke Indonesia dan mendirikan Bank Van Leaening yang didirikan di Jakarta pada tanggal 20 Agustus 1746 yang menjadi cikal bakal perum pegadaian. Pemerintah mengeluarkan statblaad (stbl) No. 131 tgl 20 Maret 1901 yang prinsipnya mengatur bahwa pendirian Pegadaian merupakan monopoli dari pemerintah. Dan karena itu bisa dijalankan oleh pemerintah. Dengan adanya UU tersebut di dirikanlah Pegadaian pertama di kota Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 01 April 1901.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/6948
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
028320092_file1.pdfCover408.82 kBAdobe PDFView/Open
028320092_file2.pdfAbstract676.58 kBAdobe PDFView/Open
028320092_file3.pdfIntroduction703.83 kBAdobe PDFView/Open
028320092_file4.pdfChapter I590.52 kBAdobe PDFView/Open
028320092_file8.pdfReference409.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.