Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1622
Title: Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kreativitas Bermusik Pada SIswa SMKN 1 Medan
Authors: Mauliza, Putri
Keywords: Dukungan sosial orang tua;kreativita bemusik
Issue Date: 2015
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Kreativitas merupakankemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, kemampuan untuk memberi gagasan-gagasan baru yang dapat di terapkan dalam pemecahan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya. Kreativitas bermusik ialah kemampuan individu dalam menciptakan sesuatu yang baru atau pengungkapan ekspresi diri yang diolah menjadi nada-nada atau suara-suara.Atau hasil karya seni yang berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kreativitas bermusik pada siswa SMK Negeri 11 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/I SMK Negeri 11 Medan yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan teknik Quota sampling. Penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial orangtua, dan kreativitas bermusik menggunakan lembaran penilaian dari sekolah. Pengukuran kreativitas bermusik menggunakan komponen-komponen yaitu: persiapan kerja, proses (sistematika dan cara kerja), hasil kerja, sikap kerja, dan waktu. Skala Dukungan Sosial Orangtua disusun sendiri oleh peneliti dalam bentuk Skala Likert berdasarkan aspek-aspek dukungan Sosial Orangtua. Berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kreativitas bermusik pada siswa SMK Negeri 11 Medan, dibuktikan dengan koefisien rxy= 0,401 p = 0,002, berarti p < 0,050 yang berarti bahwa semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi kreativitas bermusik pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa SMK Negeri 11 Medan, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. Variabel dukungan sosial orangtua memberikan sumbangan terhadap kreativitas bermusik sebanyak 0,161 atau 16,1%, sedangkan 83,9% lagi dari faktor yang pada kesempatan kali ini tidak diteliti oleh peneliti.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/1622
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118600276_file1.pdfCover192.71 kBAdobe PDFView/Open
118600276_file2.pdfAbstract200.44 kBAdobe PDFView/Open
118600276_file3.pdfIntroduction301.15 kBAdobe PDFView/Open
118600276_file4.pdfChapter I244.68 kBAdobe PDFView/Open
118600276_file5.pdfChapter II354.54 kBAdobe PDFView/Open
118600276_file6.pdfChapter III352.1 kBAdobe PDFView/Open
118600276_file8.pdfReference671.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.